Info
Senin, 17 Feb 2025
  • Selamat Datang di Website Sekolah Tinggi Pesantren Darunna'im - Perguruan Tinggi Islam yang Berkualitas di Provinsi Banten
  • Selamat Datang di Website Sekolah Tinggi Pesantren Darunna'im - Perguruan Tinggi Islam yang Berkualitas di Provinsi Banten

Integrasi Kurikulum Islami dengan Kebutuhan Global dalam Membangun Generasi Islami yang Kompetitif

Oleh :

Ahmad Fitriyadi Sari

 

A. Pendahuluan

Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang tidak hanya memahami nilai-nilai agama, tetapi juga mampu bersaing di era global. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana mengintegrasikan kurikulum Islami dengan kebutuhan global yang terus berubah, seperti kemajuan teknologi, perubahan sosial, dan tuntutan pasar kerja. Dalam konteks ini, diperlukan upaya sinergis untuk menciptakan kurikulum yang relevan secara global tanpa meninggalkan akar spiritual dan nilai-nilai Islam.

B. Konsep Integrasi Kurikulum Islami

Integrasi kurikulum Islami mengacu pada pendekatan yang memadukan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia modern. Kurikulum Islami tidak hanya mengajarkan ilmu agama seperti fikih, tauhid, dan tafsir, tetapi juga mengintegrasikan sains, teknologi, kewirausahaan, dan keterampilan abad ke-21. Pendekatan ini bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki kompetensi intelektual, keterampilan praktis, dan akhlak mulia.

C. Tantangan dalam Integrasi

  1. Dualisme Kurikulum

          Banyak lembaga pendidikan Islam masih memisahkan pendidikan agama dan pendidikan umum, sehingga siswa sering merasa keduanya tidak saling terkait.

      2. Relevansi dengan Dunia Kerja

          Kurikulum Islami sering dianggap kurang memberikan bekal keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

      3. Infrastruktur dan Sumber Daya

          Kurangnya akses terhadap teknologi dan sumber daya pendidikan modern menjadi hambatan dalam integrasi ini.

D. Strategi Integrasi Kurikulum Islami dengan Kebutuhan Global

  1. Pendekatan Maqashid Syariah

           Kurikulum harus didesain dengan mempertimbangkan tujuan syariah (maqashid syariah), yaitu menjaga agama, akal, jiwa, keturunan, dan harta, serta relevan dengan tuntutan global.                     Misalnya, pelajaran ekonomi Islam dapat disandingkan dengan konsep keuangan modern.

       2. Pengembangan Keterampilan Abad ke-21

           Kurikulum harus mencakup penguasaan keterampilan seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital. Ini dapat dilakukan dengan memasukkan proyek berbasis teknologi              yang memiliki nilai Islami, seperti aplikasi berbasis Al-Qur’an.

       3. Kolaborasi Global

           Lembaga pendidikan Islam perlu bekerja sama dengan institusi internasional untuk memperluas cakrawala siswa. Program pertukaran pelajar atau konferensi berbasis Islam dapat menjadi            jembatan antara nilai lokal dan tuntutan global.

       4. Peningkatan Kompetensi Guru

           Guru harus dibekali dengan pelatihan yang tidak hanya mendalami ilmu agama tetapi juga memahami perkembangan teknologi dan pedagogi modern.

       5. Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran

           Teknologi seperti e-learning, aplikasi Islami, dan kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan nilai-nilai Islam secara kreatif dan relevan.

E. Manfaat Integrasi Kurikulum

  1. Peningkatan Kompetensi Siswa

        Siswa tidak hanya memahami ilmu agama tetapi juga memiliki keterampilan untuk berkontribusi dalam masyarakat global.

      2. Penguatan Identitas Islam

           Kurikulum Islami yang relevan dengan zaman membantu siswa mempertahankan identitas keislamannya di tengah tantangan globalisasi.

  1. Peluang Karier yang Lebih Luas

          Integrasi ini menciptakan generasi Islami yang kompetitif di berbagai bidang, seperti sains, teknologi, bisnis, dan seni.

F. Kesimpulan

Integrasi kurikulum Islami dengan kebutuhan global adalah langkah penting untuk menciptakan pendidikan Islam yang relevan dan berdampak. Dengan pendekatan yang strategis dan sinergis, pendidikan Islam dapat melahirkan generasi yang tidak hanya unggul secara intelektual dan profesional tetapi juga memiliki akhlak Islami yang kuat. Dalam era globalisasi, pendidikan Islam yang terintegrasi akan menjadi modal utama dalam membangun peradaban yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Share:

Artikel Terkait

Tasawwuf dan Bimbingan Konseling Islam
Tasawwuf dan Bimbingan Konseling Islam
Tasawwuf dan Bimbingan Konseling Islam   Beberapa tahun terakhir, penulis yang juga dosen pada program...
Integrasi Kurikulum Islami dengan Kebutuhan Global dalam Membangun Generasi Islami yang Kompetitif
Integrasi Kurikulum Islami dengan Kebutuhan Global dalam Membangun Generasi Islami yang Kompetitif
Oleh : Ahmad Fitriyadi Sari   A. Pendahuluan Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk...
Budaya kerja yang baik menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas
Budaya kerja yang baik menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas
Budaya kerja yang baik merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM)...
Menumbuhkan Etika, Adab, dan Akhlak Islami dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi
Menumbuhkan Etika, Adab, dan Akhlak Islami dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi
Oleh: Ahmad Fitriyadi Sari A. Abstrak Globalisasi menghadirkan kemudahan akses informasi dan interaksi...
Mindset Berpikir Positif sebagai Fondasi Sukses dan Kebahagiaan
Mindset Berpikir Positif sebagai Fondasi Sukses dan Kebahagiaan
Dalam kehidupan sehari-hari, cara kita berpikir mempengaruhi bagaimana kita merespons tantangan dan peluang....
Strategi Manajemen Pendidikan Inklusif di Daerah Terpencil
Strategi Manajemen Pendidikan Inklusif di Daerah Terpencil
Pendidikan inklusif, yang menekankan pada penyediaan akses pendidikan yang setara bagi semua siswa tanpa...
Niat: Kunci Sukses dalam Setiap Langkah
Niat: Kunci Sukses dalam Setiap Langkah
Oleh : Ahmad Fitriyadi Sari Niat adalah hal yang sangat mendasar, namun sering kali diabaikan. Dalam...
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Keagamaan  Masyarakat Muslim Baduy
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Keagamaan Masyarakat Muslim Baduy
Oleh: Dr. Dadan Sunandar, Lc., MA.   Abstrak Artikel ini mengeksplorasi nilai pendidikan Islam yang...
Urgensi Identitas pada Lembaga Pendidikan Islam
Urgensi Identitas pada Lembaga Pendidikan Islam
Oleh : Ahmad Fitriyadi Sari Pendidikan merupakan salah satu aspek paling penting dalam kehidupan manusia....
SYUBUHAT SEPUTAR AL-QUR’AN
SYUBUHAT SEPUTAR AL-QUR’AN
Oleh: Dr. Dadan Sunandar, Lc., M.A. dadansunandar68@gmail.com   Abstrak Penelitian ini bertujuan...

Berita Terbaru

Berita UKM Terbaru

x